Pertimbangan Simon Panggil Pemain 30 Tahun ke Atas

GaraBOLA Berita Sepak Bola Terkini Pertimbangan Simon Panggil Pemain 30 Tahun ke Atas

INILAHCOM, Jakarta - Simon McMenemy memanggil sejumlah pemain di atas usia 30 tahun dalam skuad timnas Indonesia yang bakal menjalani pemusatan latihan (TC) di Australia. Apa pertimbangannya?

Dari 27 nama pemain yang dipanggil mengikuti TC di Australia pada 6-13 Maret mendatang, Simon tidak memasukkan nama pemain-pemain muda langganan timnas seperti Febri Hariyadi, M. Hargianto serta I Putu Gede.

Sebagai gantinya, Simon memilih pemain-pemain kawakan dengan usia sudah kepala tiga seperti Samsul Arif (34 tahun). Muhammad Rahmat (30 tahun), Otavio Dutra (35 tahun), Yustinus Pae (35 tahun) serta Ruben Sanadi (32 tahun).

Simon menjelaskan pemanggilan pemain-pemain kawakan tersebut bukan tanpa alasan. Ia ingin memberi kesempatan kepada pemain di kisaran 30 tahun untuk membela timnas, tentunya dengan memperhatikan kualitas permainan mereka.

"Ini adalah TC pertama saya, kami tahu TC-TC sebelumnya banyak sekali dihuni dengan pemain-pemain muda, dan terkadang saya merasa pemain senior kurang dapat kesempatan," jelas Simon dalam jumpa pers di Kantor PSSI di Fx Senayan, Jakarta Selatan, Senin (25/2/2019).

"Saya tahu Hargianto kualitasnya seperti apa, Putu Gede seperti apa, Febri seperti apa, saya tahu pemain-pemain seperti ini akan selalu dipanggil untuk TC di timnas. Tetapi pemain yang umurnya 30 (tahun) lebih seperti Rahmat kurang mendapatkan kesempatan di TC sebelumnya."

"Oleh karena itu sekarang kami harus berikan lagi keseimbangan, rata-rata umur pemain saya kurang lebih 27 tahun ya. Saya yakin walaupun mereka sudah senior mereka punya kecepatan, mereka punya fisik yang sama dengan pemain-pemain muda, tidak akan kalah," ia menambahkan.

Simon meyakini kehadiran pemain-pemain kawakan bisa memberikan dampak positif bagi internal tim. Para pemain muda bisa memetik banyak pelajaran berharga di lapangan baik mental maupun visi bermain.

"Tetapi di TC-TC berikutnya tentu kami akan melihat banyak muka-muka lama atau muka-muka baru dan muda lagi," tutup mantan pelatih Bhayangkara FC itu.

Pertimbangan Simon Panggil Pemain 30 Tahun ke Atas