Indonesia Belum Bisa Mainkan Dutra Hadapi Myanmar

GaraBOLA Berita Sepak Bola Terkini Indonesia Belum Bisa Mainkan Dutra Hadapi Myanmar

INILAHCOM, Jakarta - Pelatih timnas Indonesia senior, Simon McMenemy, memanggil Otavio Dutra mengikuti pemusatan latihan. Namun, Dutra belum bisa dimainkan saat Indonesia menghadapi Myanmar di laga ujicoba internasional.

Dutra menjadi salah satu dari 27 pemain yang bakal menjalani pemusatan latihan (TC) di Australia dan Bali. Pemusatan itu sebagai persiapan jelang pertandingan melawan Myanmar di Stadion Mandala Thiri pada 25 Maret mendatang.

Sayangnya, Dutra belum bisa menjalani debut bersama timnas Indonesia menghadapi Myanmar. Penyebabnya, proses naturalisasi bek 34 tahun belum selesai.

"Otavio Dutra belum bisa main lawan Myanmar, statusnya masih belum 100 persen warga negara Indonesia," ujar Simon McMenemy dalam jumpa pers di kantor PSSI, Gedung FX Senayan, Jakarta, Senin (25/2/2019).

Simon tak terlalu khawatir tanpa Dutra. Ia masih punya opsi pemain belakang berpengalaman lainnya seperti Fachruddin Aryanto, Hansamu Yama, dan Yanto Basna.

"Opsi pemain belakang banyak, mungkin kalau tidak bisa dimainkan lawan Myanmar, di kesempatan yang akan datang pasti bisa meningkatkan kualitas tim," ia menambahkan.

Lebih lanjut, Simon mengatakan dirinya sudah punya rencana setelah proses naturalisasi Dutra rampung. Bek kelahiran Brasil bakal dipasangkan dengan Hansamu di pos bek tengah.

"Kami tahu Dutra sudah lama di indonesia dan kenal kualitas baik buruknya seperti apa. Bagaimana kalau kami bayangkan Yama bermain dengan Dutra, Yama bisa mengambil banyak sekali pengalaman dari Dutra, begitu juga kalau kami pasangkan misalnya Dutra dengan Fachrudin, banyak juga pelajaran yang bisa diambil."

"Saya tahu Dutra pasti bisa meningkatkan kualitas pemain yang dia main sama-sama. Saya kenal baik dia," tutup pelatih asal Skotlandia.
 

Indonesia Belum Bisa Mainkan Dutra Hadapi Myanmar